KH Ahmad Sanusi Pengarang Tafsir Malja al-Thâlibīn (Sunda)



Mengenal Tafsir Malja al-Thâlibīn fī Tafsīri Kalâmi Rabb al’Âlamīn karya KH Ahmad Sanusi (1888-1950)
oleh: Guntur Gumelar el-Khas
A.  Muqaddimah

Tafsir Malja al-Thâlibīn fī Tafsīri Kalâmi Rabb al’Âlamīn adalah tafsir karya KH Ahmad Sanusi (1888-1950). Beliau berasal dari  Sukabumi Jawa Barat yang dikenal wilayah Priangan atau disebut Tatar Sunda. Tafsir ini ditulis berbeda dengan tafsir Raudhatul ‘Irfân fī Marifâti Al-Qur’ân,  Fadhil Munawar  Manshur mengatakan penulisan terhadap sebuah karya tafsir terbagi kedalam tiga poin. Pertama, penulisan sebagai kajian pengajian, kedua, sebagai tahanan, serta ketiga sebagai faham keagamaan yang beragam dianutnya.[1]
Tafsir ini ditulis dengan aksara pegon Arab dengan uraian tafsir berbahasa Sunda, penulisan Arabnya adalah Muhammad  Misbah. Uraiannya tafsir Malja al-Thâlibīn fī Tafsīri Kalâmi Rabb al’Âlamīn persis seperti tafsir Jalâlayn, tafsir ini di tulis sampai juz 9, tafsir ini runtut dalam penulisannya hanya saja ada yang terpisah sangat jauh yaitu juz 30. Tafsir ini adalah tafsir Sunda pertama karya KH Ahmad Sanusi (1888-1950) selain dua tafsir lainya yaitu Raudhatul ‘Irfân fī Marifâti al-Qur’ân berbahasa Sundan serta Tamsiyyatul Muslimîn fî Tafsîr Kalâmi Rabbil ‘Âlamîn beraksara roman melayu. Tafsir Malja al-Thâlibīn fī Tafsīri Kalâmi Rabb al’Âlamīn dalam rujukan sumber tafsirnya yaitu mengambil tafsir yang mu’tamad  seperti tafsir Kabîr Mafâtih al-Ghayb karya al-Râzi, Ma’âlim al-Tanzîl karya al-Baghawi, al-Kasyf wa al-Bayân karya al-Tsa’labi, al-Burhân fî Ulūmi al-Qur’ân karya al-Zarkasyi dan lainnya.[2]
Kontribusi KH Ahmad Sanusi (1888-1950) dalam penafsiran Al-Qur’an pada tafsir Malja al-Thâlibīn fī Tafsīri Kalâmi Rabb al’Âlamīn memberikan informasi seputar tentag kajian AL-Qur’an seperti, pembahasan surah, imam qirâ’at, jumlah surah, ayat, huruf, kalimah, pengumpulan Al-Qur’an dan lain sebagainya. Metode tafsir yang dipakai dalam tafsirnya Malja al-Thâlibīn fī Tafsīri Kalâmi Rabb al’Âlamīn yaitu ijmâli karena KH Ahmad Sanusi (1888-1950) lebih banyak menyimpulkan serta menjelaskan secara global yang ditafsirkan dengan teks matan/ ayat qur’an berada di dalam kurung, sedangkan penjelasannya yaitu setelahnya.[3]
Jika melihat tahun penerbitan bahwa tafsir ini tergolong kedalam tafsir generasi kedua setelah munculnya beberap tafsir di Nusantara yang di awali oleh Abdu Rauf al-Singkel dengan tafsirnya Tarjumân al-Mustafîd, dan Muhammad Nawawi al-Bantani dengan karyanya Tafsīr Munīr li Maālim al-Tanzīl. Sebagai mufasir Sunda tentu sudah ada mufasir terdahulunya yaitu Haji Hasan Mustafa (1852-1930), namun keberadaan tafsir Sunda pada saat itu masih belum teridentifaksi oleh beberapa peneliti ahli seperti Federsfiel dan lain-lain.
Untuk mengetahui lebih dalam, penulis sajikan hasil penulusuran hasil bacaan Tafsir  Malja al-Thâlibīn fī Tafsīri Kalâmi Rabb al’Âlamīn karya KH Ahmad Sanusi (1888-1950). Tafsir ini terdapat 3 jilid. Jilid  pertama, yang berisi kurang dari 6 juz di mulai surat al-Fâtihah  s/d surah al-Nisâ ayat 158.  Jilid  1 terdapat nomor yang penulis dianggap penting dalam menyusun/menulis tafsir Malja al-Thâlibīn fī Tafsīri Kalâmi Rabb al’Âlamīn.[4]
1.      28 januari 1931 (9 Ramadhan 1349) yang berisi pengertian Al-Qur’an, surat qur’an, bilangan ayat qur’an, bilangan kalimah Al-Qur’an, di kumpulkennana Al-Qur’an, kaayaan Al-Qur’an, istiâdah (hukum istiadah). Al-fâtihah ( tafsirna al- fâtihah, hukum basmalah, hukum maca fâtihah,) maca Âmin ba’da  fâtihah, Qirâ’ah sab’ah. Surah al-Baqarah, tafsirna, qirâ’ah sab’ah. tafsir Malja al-Thâlibīn fī Tafsīri Kalâmi Rabb al’Âlamīn yaitu penafsiran surah al-fâtihah s/d surah al-Baqarah ayat 66.
2.      28 februari 1931 (10 Syawal 1349), Tanah Tinggi Senin Betawi Karomah. Penafsiran surah  al-Baqarah ayat 66 s/d 141 disertai dengan qirâ’ah sab’ah ( juz 1 )
3.      28 Maret 1931 berisi tafsiran juz ke-2 yaitu surah al-Baqarah ayat 142 s/d  203 di sertai qirâ’ah sab’ah.
4.      28 april 1931 (10 dzulhijah 1349) Sukabumi. Berisi tafsiran surah al-Baqrah ayat 204 s/d 250 di sertai qirâ’ah sab’ah.
5.      28 mei 1931, Tanah Tinggi Senen Betawi Keramat. Berisi tafsiran surah al-baqarah ayat 251 s/d surah Ali Imrân ayat 17 di sertai qirâ’ah sab’ah.
6.      28 Juni 1931, tanah Tinggi Senen Betawi Kramat. Berisi tafsiran surah  Ali Imrân ayat 17 s/d 90 disertai qirâ’ah sab’ahnya.
7.      28 juli 1931, tanah Tinggi Betawi Kramat. Berisi tafsiran surah Ali Imrân ayat 90 s/d 159 di serta qirâ’ah sab’ahnya.
8.      28 Agustus 1931 tanah Tinggi Betawi Kramat. Ali imron 160s/d surah an-Nisâ ayat 12 disertai tafsirnya.
9.      1 januari1932, tanah Tinggi Betawi Kramat, berisi penafsiran surah an nisa ayat 13s/d 80 diserta qirâ’ah sab’ah.
10.  Tanah Tinggi Betawi Kramat, berisi penafsiransurah an Nisâ ayat 81s/d 158 di sertai qirâ’ah sab’ah.
Jilid kedua, dalam kitab tafsir Malja al-Thâlibīn fī Tafsīri Kalâmi Rabb al’Âlamīn berisi tentang tafsir Al-Qur’an.
1.      Tanah Tinggi Betawi Kramat, yaitu tafsiran Qs an-Nisa 159 s/d al-Mâidah 31 beserta qirâ’ah sab’ahnya.
2.      Tanah Tinggi Betawi Kramat, yaitu tafsiran Qs. al-Mâidah 32 s/d 94 beserta qirâ’ah sab’ahnya.
3.      Tanah Tinggi Betawi Kramat, yaitu tafsiran al-Mâidah 95 s/d al-An’am 89 beserta qirâ’ah sab’ahnya.
4.      Tanah Tinggi Betawi Kramat tafsiran al-An’âm 90 s/d 145 beserta qirâ’ah sab’ahnya.
5.      Tanah Tinggi Betawi Kramat tafsiran al-An’am s/d al-A’raf 36 beserta qirâ’ah sab’ahnya.
6.      Tanah Tinggi Betawi Kramat tafsiran al-A’râf 37 s/d 74 beserta qirâ’ah sab’ahnya.
7.      Tanah Tinggi Betawi Kramat, tafsiran al-A’râf 74-126 beserta qira’ah sab’ahnya.
8.      Tanah Tinggi Betawi Kramat, tafsiran al-A’râf 126 s/d157 beserta qira’ah sab’ahnya.
9.      Tanah Tinggi Betawi Kramat, tafsiran al-A’râf 158-206 beserta qira’ah sab’ahnya.

Jilid ketiga,  yaitu berisi juz 30 dimulai surah  an-Naba s/d al-Nâs. KH Ahmad Sanusi (1888-1950) menjelskan dalam jilid dimulai halaman 2 samapai halaman 136. Uraian tafsir ini penempatan teks matan atau ayat kajian Al-Qur’an di pinggir sedangkan penanfsiran dari teks al-Qur’an yaitu di dalam syarah.
Sedangkan pada jilid pertama halaman tafsir, dimulai penulisan tafsir dari halaman 2 sampai halaman 492 yang berisi pengertian Al-Qur’an, surat qur’an, bilangan ayat qur’an, bilangan kalimah Al-Qur’an, di kumpulkennana Al-Qur’an, kaayaan Al-Qur’an, istiâdah (hukum istiadah). Al-fâtihah (tafsirna al- fâtihah), hukum basmalah, hukum maca fâtihah,) maca Âmin ba’da  fâtihah, Qirâ’ah sab’ah. Surah al-Baqarah, tafsirna, qirâ’ah sab’ah hingga surah an-Nisâ ayat 158. Di setiap halaman kitab tafsirnya, KH Ahmad Sanusi (1888-1950) memberikan tanggal penafsiran/ penulisan sampai akhir. Pada jilid kedua, yaitu dari halaman 2 sampai halaman 494 dimulai penafsiran surah an-Nisâ ayat 159 hinga akhir  al-A’râf ayat 206.

B.   Analisis Kritis tafsir Malja al-Thâlibīn fī Tafsīri Kalâmi Rabb al’Âlamīn
Pada jilid ke 2 kitab tafsir Malja al-Thâlibīn fī Tafsīri Kalâmi Rabb al’Âlamīn karya KH Ahmad Sanusi (1888-1950) diawali tafsir surah al-Maidah s/d akhir surah al-A’raf. Jika melihat susunan juz di dalamnya, beliau menafsirkan dari juz  6 s/d juz 9 ( ayat akhir surah al-A’raf). Penulisan  tafsir ini tidak menuliskan tanggal, sehingga hemat penulis beranggapan tafsir ini di tulis pada tahun 1932. Pada  jilid 2 ini KH Ahmad Sanusi  (1888-1950) memberikan penomoran pada seriap ayat sehingga memudahkan mencari berbeda dengan jilid pertama.


[1] Jajang A Rohmana, Sejarah Tafsir al-Qur’an di Tatar Sunda, (Bandung: Mujahid Press, 2014) hlm. 145 dalam Fadhil Munawar Manshur,  Raudhatul ‘Irfân fī Ma’rifâti Al-Qur’ân karya Kyai Haji Ahmad Sanusi: Analisis Semiotik dan Resepsi, Tesis, (Yogyakarta: PPs UGM, 1992), hlm. 109
[2] Ibid., hlm. 147
[3] Ibid., hlm. 148
[4] Hasil penelitian terhadap tafsir  Malja al-Thâlibīn fī Tafsīri Kalâmi Rabb al’Âlamīn jilid 1
Labels: Karya Tulis

Thanks for reading KH Ahmad Sanusi Pengarang Tafsir Malja al-Thâlibīn (Sunda). Please share...!

1 Comment for "KH Ahmad Sanusi Pengarang Tafsir Malja al-Thâlibīn (Sunda)"

Back To Top